Jumat, 17 Oktober 2025

Selamat datang di SMP Negeri 1 Gianyar
Ikuti kami di :

Visi Misi

Dalam penyelenggaraan pendidikan dasar di SMP Negeri 1 Gianyar dimana sekolah memiliki visi, misi dan tujuan sebagai upaya dalam mewujudkan tujuan pendidikan sekolah pada khususnya dan pendidikan nasional secara umum. Visi yang dirancang SMP Negeri 1 Gianyar merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti SMP Negeri 1 Gianyar demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan berupa nilai-nilai religiusitas, intelektualitas, dan norma yang berjalan sesuai harapan.

 Visi Sekolah

Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas

Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Negeri 1 Gianyar, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Negeri 1 Gianyar adalah:

Terwujudnya Sekolah Unggul Berlandaskan TRI HITA KARANA Serta Berprofil PANCASILA,dengan indikator:

  1. Taat dan patuh dengan konsep Tri Hita Karana.
  2. Terwujudnya Sekolah yang berprofil Pelajar Pancasila, serta memiliki daya saing tinggi

 Misi  Sekolah

    1. Misi Pendidikan Nasional

Mengacu kepada Visi tersebut diatas maka Misi Departemen Pendidikan Nasional adalah;

  1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia;
  2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
  3. Meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral;
  4. Meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global;
  5. Memberdayakan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan RI.                                                                                                                          2. Misi Sekolah

Mengacu kepada Visi sekolah tersebut di atas,  maka Misi yang ditetapkan sekolah adalah sebagai berikut :

  1.  Terwujudnya Pembelajaran yang Berorientasi Tri Hita Karana
  2.  Terwujudnya Sekolah Maju Yang berdaulat melalui Profil Pelajar Pancasila.

 Tujuan Pendidikan

1.  Tujuan Pendidikan Nasional

adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 2. Tujuan Pendidikan Dasar

adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sebagai tujuan umum SMP Merdeka adalah meningkatkan keunggulan karakter, potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mewujudkan sekolah yang berbudaya lingkungan.

 3.  Tujuan SMP Negeri 1 Gianyar

Untuk mewujudkan “Visi dan Misi Sekolah “ perlu ditempuh langkah-langkah strategis yang  dituangkan dalam Tujuan Sekolah dalam 5 tahun kedepan  sebagai berikut.

  1. Sekolah mampu mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana melalui; (1) Pendidikan dan latihan (seperti soft skill, enterprenership); (2) mengajak siswa untuk selalu menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan dari orang- orang yang sukses (seperti pengusaha sukses, guru atau narasumber); (3) mengarahkan atau mengajak siswa untuk selalu bergaul dalam lingkungan orang- orang yang unggul dan orang-orang yang pintar; (4) mengarahkan dan mengajak siswa agar selalu yakin dan percaya bahwa apa yang kita lakukan dengan ikhlas dan penuh welas asih akan selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa; (5) mengajak dan memberikan contoh kepada siswa bahwa dengan membantu sesama manusia dengan cara beryajna akan memberikan kebahagiaan yang sangat mulia dan Tuhan akan selalu melingdungi kita; dan (6) mengajak atau memberikan contoh dengan cara selalu hidup bersih dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan memberikan penge- tahuan bahwa dengan membuang sampah sembarangan akan dapat membuat alam rusak, dan sebaliknya jika selalu hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya maka hidup kita akan damai dan sejahtera karena Tuhan akan selalu melindungi kita semua.
  2. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan penguatan Iman dan Takwa Kepada TuhanYang Maha Esa sesuai dengan Agama dan kepercayaannya masing-masing, memiliki Akhlak mulai yang berhubungan dengan Tuhan, serta memiliki Akhlak pribadi.
  3. Sekolah mampu menunjukkan Berkebhinekaan Global dimana Lingkup sekolah mampu meunjukkan dirinya sebagai representasi budaya luhur sekolah, serta terbuka terhadap keberagaman budaya daerah, nasional serta global di implementasikan dalam kemampuan berinteraksi dan bergaul secara positif antar sesame, memiliki kemampuan komukiasi intercultural, serta mampu memaknai pengalamannya dilingkungan.
  4. Sekolah mampu menghasilkan Lingkungan yang mandiri, dimana peserta didik, pendidik, kependidikan yang bertanggungjawab atas proses dan hasil. Dengan kata lain, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang mandiri memiliki kesadaran akan dirinya sendiri dan situasi yang dihadapinya. Memiliki kemampuan melakukan regulasi diri, misalkan mengatur pikiran, perasaan, prilakunya sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  5. Sekolah mampu melakukan kegiatan Gotong Royong, berkolaborasi dengan orang lain untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang disekitar. Peduli terhadap lingkungan dan berkomitmen untuk bisa berkontribusi meringankan masalah yang dihadapi oleh orang-orang sekitar, serta mampu untuk memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan Bersama.
  6. Sekolah mampu menghasilkan lingkungan yang mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dan terbuka terhadap pembuktian baru. Mampu berpikir sistematik dan saintifik, menari kesimpulan dari fakta yang ada, dan memecahkan masalah. Serta mampu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, melakukan refleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambil keputusan.
  7. Sekolah mampu menghasilkan lingkungan yang memiliki kemampuan dalam memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak baik bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Baik berupa gagasan, Tindakan, maupun karya nyata.

Kembali

Featured Video

Video Lainnya

Agenda Kegiatan

Agenda Lengkap